kejuaraan beregu terpisah putra-putri yang diadakan dua tahun sekali akan kembali di selenggarakan di Malaysia. Pada tahun 2008 Thomas-Uber ini diadakan di Indonesia dan kembali China mengawinkan dua piala ini. kejutan yang terjadi di Uber cup 2008 adalah Indonesia yang masuk hingga babak final padahal saat itu Indonesia hanya unggulan kelima.

Thomas-uber akan dilaksanakan pada tanggal9-16 Mei ini diharapkan muncul juara baru khususnya untuk Thomas Cup. Untuk bagian putri atau Uber Cup nampaknya China akan kembali menjadi Juara dikarenakan  5 pemain tunggal putri China berada di lima ranking pertama dan kuartet Wang ada dirangking 4 besar yaitu Wang Yihan, Wang Xin, Wang Lin & Wang Shixian untuk ranking lima dunia diisi oleh Jiang Yanjiao. Sementara untuk ganda putri 3 pasangan China pun menempati 3 ranking dunia teratas yaitu Ma Jin / Wang Xiaoli , Du Jing /Yu Yang dan Cheng Shu / Zhao Yunlei.

Sementara Indonesia tidak mempunyai satupun wakil di sepuluh besar dunia baik tunggal maupun ganda putri. Untuk Thomas Indonesia punya peluang walaupun sedikit. Dahulu Indonesia merumuskan 2 Ganda 1 Tunggal untuk menjadi juara tetapi sekarang nampaknya menjadi 2 Tunggal 1 Ganda untuk Juara karena ganda kedua Indonesia saat ini masih di cari dan diganti-ganti pasangannya seperti Bona, Ahsan, Yonathan, Rian, Nova & Alvent. Untuk ganda pertama Indonesia berharap pada peraih medali emas olimpiade 2008 Markis/ Hendra. Sementara untuk tunggal putra Indonesia masih berharap pada Juara dunia 2005 Taufik Hidayat. Untuk pertama kalinya Taufik menjadi tunggal pertama di ajang Thomas Cup biasanya dia diturunkan di tunggal kedua untuk mendapatkan poin. Untuk tunggal kedua & ketiga diisi oleh Sony dan Simon.

Saat kualifikasi di Thailand, Indonesia bertemu dengan Korea saat itu Indonesia menang 3-2 dan 3 poin Indonesia berasal dari tiga pemain tunggalnya. tetapi Indonesia memiliki rekor yang buruk selama 3 tahun berturut-turut 2004, 2006 & 2008 tidak bisa menembus babak final.

Lawan yang mungkin menyulitkan Indonesia adalah China yang memiliki 3 pemain tunggal yang baik Lin Dan, Chen Jin, Bao Chunlai dan satu ganda terbaiknya Cai Yun / Fu Haifeng lalu ada Denmark yang memiliki Peter Gade dan dua pasangan Gandanya yang sering membuat kejutan Boe Mathias /Carsten Mogensen lalu ada Malaysia yang memiliki tunggal dan ganda putra nomor satu dunia Lee Chong Wei dan Koo Kien Keat / Tan Boon Hoeng dan terkahir Korea yang memiliki salah satu ganda putra terbaik Lee Yong Dae / Jung Jae Sung.

Berikut ini daftar unggulan tim yang akan bertanding :

THOMAS Cup
1. China
2. Indonesia
3. Malaysia
4. Denmark
5. Korea
6. Japan
7. India
8. Germany
9. Poland
10. Peru
11. Nigeria
12. Australia

UBER Cup
1. China
2. Korea
3. Japan
4. Indonesia
5. Denmark
6. Malaysia
7. India
8. Russia
9. Germany
10. Australia
11. USA
12. South Africa

dan ini pembagian grupnya

Piala Thomas:
Grup A: China, Korea, Peru
Grup B: Malaysia, Jepang, Nigeria
Grup C: Denmark, Jerman, Polandia
Grup D: Indonesia, India, Australia

Piala Uber:
Grup A: China, Malaysia, AS
Grup B: Indonesia, Denmark, Australia
Grup C: Jepang, Rusia, Jerman
Grup D: Korea, India, Afrika Selatan